Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan efisiensi media pembelajaran busy book dalam mengembangkan bahasa dan kreativitas anak usia dini di TK Islam Nurul Ahmad. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode penelitian menggunakan pengembangan (Research and Development/ R&D) dengan pendekatan Model 4D yang dikembangkan oleh S. Thiagarajan. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di TK Islam Nurul Ahmad. Instrumen pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan kelayakan media busy book dalam mengembangkan bahasa dan kreativitas memperoleh nilai validasi dari ahli materi sebesar 87,5% dengan kategori layak dan nilai dari validator ahli media sebesar 92% dengan kategori sangat layak. Untuk praktisi produk memperoleh nilai sebesar 93% dengan kategori sangat praktris, dan untuk efektifitas media busy book diperoleh dengan metode eksperimen dengan membandingkan pretest dan posttes kelas eksperimen dan kelas kontrol. Maka dapat disimpulkan ada perbedaan yang signifikan dalam mengembangkan bahasa dan kreativitas siswa yang menggunakan media busy book pada anak usia dini yakni usia 5-6 tahun di TK Islam Nurul Ahmad.
Copyrights © 2024