RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION (RDJE)
Vol 10, No 2 (2024)

PANDUAN TEKNIK CANGKRUKAN DALAM BIMBINGAN UNTUK MENINGKATKAN PENYESUAIAN SOSIAL SANTRI LUHUR

Hidayah, Karisma Khoirul (Unknown)
T., Andi Mappiare A. (Universitas Negeri Malang)
Setiyowati, Arbin Janu (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2024

Abstract

Cangkrukan digunakan sebagai teknik bimbingan karena berisi nilai sosial yang baik, egaliter, demokratis, dan solidaritas. Nilai tersebut dapat membentuk perilaku santri menjadi lebih baik. Penelitiaan dan pengembangan ini bertujuan untuk mengahasilkan produk panduan cangkrukan sebagai teknik dalam bimbingan untuk meningkatkan penyesuaian sosial santri. Model penelitian dan pengembangan menggunakan rancangan dari Borg & Gall (1983) yang diadaptasi sampai tahap review calon pengguna. Review ahli dilakukan oleh ahli materi bimbingan dan konseling, ahli media pembelajaran dan calon pengguna. Aspek kelayakan yang dinilai yaitu aspek ketepatan, kegunaan, kejelasan, kemenarikan, dan kemudahan. Instrumen penelitian yaitu need assesment dengan observasi dan wawancara di lapangan. Disamping itu, dilakukan kajian literatur hasil penelitian terdahulu. Data yang diperoleh berupa data numerik. Analisis hasil menggunakan interrater agreement model oleh Gregory. Dari hasil review ahli dan calon pengguna mendapatkan nilai yang sangat tinggi dengan indeks validator 1, sehingga dapat diambil kesimpulan terkait panduan yang dikembangkan memenuhi kriteria keberterimaan secara akseptabel dan dapat dimanfaatkan untuk media layanan bimbingan dan konseling.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

RDJE

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

RDJE: Research and Development Journal of Education (ISSN 2657-1056 for the electronic version and ISSN 2406-9744 for the print version) first published in Oct 2014 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...