RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION (RDJE)
Vol 10, No 1 (2024)

IMPLEMENTASI PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK GUNA MELATIH KESEIMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI DI TK NEGERI 004 BUNGURAN TIMUR

Maulida, Maulida (Unknown)
Ananda, Tessa Mayescha (Sekolah Tinggi Agama Islam Natuna)
Sadariah, Sadariah (Sekolah Tinggi Agama Islam Natuna)



Article Info

Publish Date
03 Apr 2024

Abstract

Permainan tradisional engklek merupakan salah satu metode yang efektif dalam melatih keseimbangan motorik kasar pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi permainan tradisional engklek sebagai media melatih keseimbangan motorik kasar pada anak usia dini di TK Negeri 004 Bunguran Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi berperan serta dan wawancara mendalam dengan guru dan anak-anak usia dini yang berpartisipasi dalam permainan engklek. Analisis data dilakukan secara interaktif dan berkelanjutan dengan menggunakan metode triangulasi untuk menguji kredibilitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi permainan tradisional engklek di TK Negeri 004 Bunguran Timur mendapatkan dukungan yang baik dari guru dan lingkungan sekolah. Guru berperan sebagai fasilitator dan panduan dalam bermain engklek, sedangkan lingkungan sekolah menyediakan fasilitas dan area bermain yang kondusif. Pelaksanaan permainan engklek memberikan dampak positif pada perkembangan fisik anak-anak, seperti peningkatan keseimbangan, kelenturan, ketangkasan, dan daya tahan fisik yaitu melatih kemampuan motorik kasar anak usia dini seperti membantu dalam pembentukan hubungan sosial yang positif, meningkatkan keterampilan sosial, dan membangun rasa kebersamaan di antara anak-anak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

RDJE

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

RDJE: Research and Development Journal of Education (ISSN 2657-1056 for the electronic version and ISSN 2406-9744 for the print version) first published in Oct 2014 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...