Permainan tradisional engklek merupakan salah satu metode yang efektif dalam melatih keseimbangan motorik kasar pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi permainan tradisional engklek sebagai media melatih keseimbangan motorik kasar pada anak usia dini di TK Negeri 004 Bunguran Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi berperan serta dan wawancara mendalam dengan guru dan anak-anak usia dini yang berpartisipasi dalam permainan engklek. Analisis data dilakukan secara interaktif dan berkelanjutan dengan menggunakan metode triangulasi untuk menguji kredibilitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi permainan tradisional engklek di TK Negeri 004 Bunguran Timur mendapatkan dukungan yang baik dari guru dan lingkungan sekolah. Guru berperan sebagai fasilitator dan panduan dalam bermain engklek, sedangkan lingkungan sekolah menyediakan fasilitas dan area bermain yang kondusif. Pelaksanaan permainan engklek memberikan dampak positif pada perkembangan fisik anak-anak, seperti peningkatan keseimbangan, kelenturan, ketangkasan, dan daya tahan fisik yaitu melatih kemampuan motorik kasar anak usia dini seperti membantu dalam pembentukan hubungan sosial yang positif, meningkatkan keterampilan sosial, dan membangun rasa kebersamaan di antara anak-anak.
Copyrights © 2024