RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION (RDJE)
Vol 10, No 2 (2024)

ENRICHMENT MATERI PEMBELAJARAN SEJARAH TENTANG KUMPENI DI BANGER ABAD XVIII

Kusuma, Paundra Wangsa Fajar (Department of History, Faculty of Social Sciences, Universitas Negeri Malang)
Wijaya, Daya Negri (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2024

Abstract

Artikel ini ditulis untuk pengembangan materi pembelajaran sejarah tentang Kumpeni di Banger Abad XVIII. Metode sejarah digunakan sebagai acuan dalam menyelesaikan artikel ini melalui tahap pemilihan topik, heuristik, kritik, interpretasi dan historiografi. Artikel ini menghimpun hasil penelitian terdahulu yang telah merekonstruksi pengaruh Kumpeni di Banger Abad XVII pada aspek politik, ekonomi, dan sosial. Historiografi tersebut berguna sebagai enrichment dalam pembelajaran sejarah pada materi Penjajahan Bangsa Barat Indonesia pada jenjang SMA/Sederajat sesuai dengan struktur Kurikulum Merdeka. Penulisan artikel ini berupaya untuk mengkaji, menelaah, dan menarasikan dampak kolonialisme Kumpeni di Banger Abad XVIII dalam aspek politik, ekonomi, dan sosial untuk selanjutnya dapat dijadikan suplemen berikut dengan contoh implementasinya pada jenjang SMA/sederajat. Kajian ini dapat membangun rekonstruksi sejarah secara menyeluruh sehingga dapat menghasilkan ilmu pengetahuan, persepsi, dan historiografi kolonialisme di Nusantara berdasar perspektif lokal guna kebutuhan pendidikan sejarah era Kurikulum Merdeka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

RDJE

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

RDJE: Research and Development Journal of Education (ISSN 2657-1056 for the electronic version and ISSN 2406-9744 for the print version) first published in Oct 2014 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...