Tidak dapat dipungkiri kemandirian belajar matematika merupakan perihal yang esensial untuk mempelajari matematika. Menjadikan siswa terlatih rasa tanggung jawab dan tidak mengandalkan orang lain. Selain itu rasa kepercayaan diri dan keyakinan diri siswa atas kemampuannya menjadi meningkat sehingga siwa mudah untuk menerima, merespon dan memahami materi pembelajaran matematika dengan baik. Sesuatu aspek membuat kemandirian belajar berpengaruh yaitu Self Efficacy. Jika siswa mempunyai keteguhan yang kuat maka siswa tersebut selalu berusaha untuk mempelajari materi pembelajaran tanpa menyerah bila menemukan materi sulit atau soal latihan yang sukar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Self Efficacy dengan Kemandirian Belajar Siswa. Riset ini menggunakan kuantitatif metode survei. Kegiatan riset dilaksanakan di SMK Karya Bahana Mandiri 2 Kota Bekasi selama 4 bulan yaitu Oktober 2023-Januari 2024. Populasi berjumlah 74 siswa dengan menggunakan simple random sampling. Sistematika pengumpulan data dengan pengobservasian dan kuesioner. Merujuk dari hasil yang didapatkan dari angka uji hipotesis yaitu nilai (t hitung) = 3,938 > (t tabel) = 1,993 artinya disimpulkan terdapat pengaruh Self Efficacy terhadap Kemandirian Belajar Matematika Siswa.
Copyrights © 2024