Tujuan penelitian ini  mengetahui Gambaran Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan, 1) Penetapan misi sekolah, kepala sekolah  menanamkan nilai-nilai keimanan, budi pekerti yang luhur, mandiri, kreatif dan berprestasi sesuai dengan profil pelajar pancasila dengan memperhatikan sumber daya dan karakteristik sekolah, mempertimbangkan masukan dari berbagai pemangku kepentingan, mengkomunikasikan serta merealisasikannya; Penataan pembelajaran menunjuk pada pengelompokkan guru, pengelompokkan siswa, penetapan sistem, penyediaan sumber-sumber pembelajaran yang dibutuhkan guru, sistem kerja guru dan penataan beban belajar sesuai kondisi sekolah atas pembelajaran ataupun P5 dengan menggunakan sistem blok; Peningkatan praktek pembelajaran kepala sekolah memelihara hubungan baik dengan guru, memerankan fungsi supervisi, evaluasi secara berkala dalam penerapan KOSP dan P5 dan selalu melakukan pemantauan prestasi; dan Iklim pembelajaran yang positif diterapkan kepala sekolah dengan menerapkan budaya positif dan menjaga komunikasi antar guru dan orangtua/wali murid.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024