Journal Economic Management and Business
Vol 2, No 1 (2023)

PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT. HARI REZEKI KITA SEMUA DI MEDAN

Sahara, Nadia (Unknown)
Asnawi, Muhammad (Unknown)
Firah, Al (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2023

Abstract

Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untukmengetahui pengaruh kualitas produk terhadapkeputusan pembelian pada PT. Hari Rezeki Kita Semua diMedan, untuk mengetahui pengaruh harga produkterhadap keputusan pembelian pada PT. Hari Rezeki KitaSemua di Medan dan untuk mengetahui pengaruhkualitas produk dan harga produk secara simultanterhadap keputusan pembelian pada PT. Hari Rezeki KitaSemua di Medan. Adapun teknik pengumpulan datapenelitian ini yaitu pengamatan, studi dokumentasi danangket dengan teknik analisis data yaitu analisis regresiberganda. Kesimpulan dalam penelitian ini diketahuibahwa nilai thitung variabel kualitas produk sebesar 2,808yang selanjutnya dibandingkan dengan nilai ttabel denganjumlah = 150 berdasarkan tingkat kesalahan  0,05 dan dk = n – 2 diperoleh ttabel sebesar 1,976. Dari hasil yangdisajikan tersebut diketahui bahwa thitung > ttabel yaitu2,808 > 1,976 maka H0 ditolak dan Ha diterima, yangartinya kualitas produk memiliki pengaruh yangsignifikan dengan keputusan pembelian, nilai thitung variabel harga produk sebesar 5,225 yang selanjutnyadibandingkan dengan nilai ttabel dengan jumlah n = 150berdasarkan tingkat kesalahan  0,05 dan dk = n – 2 diperoleh ttabel sebesar 1,976. Dari hasil yang disajikantersebut diketahui bahwa thitung  > ttabel yaitu  5,225 >1,976 maka H0 ditolak dan Ha diterima, yang artinyaharga produk memiliki pengaruh yang signifikan dengan keputusan pembelian serta nilai Ftabel pada = 0,05dengan n = 150 dan df = n – 2 diperoleh nilai Ftabel 3,06dari hasil ini diketahui Fhitung > Ftabel (19,795 > 3,06), dansignifikansi 0,000 atau lebih kecil dari  = 0,05 jadi posisi titik uji signifikansi berada pada wilayah penolakan H0 atau dapat disimpulkan Ha diterima yang artinya bahwavariabel kualitas produk dan harga produk secarabersama-sama atau serentak berpengaruh terhadapkeputusan pembelian pada PT. Hari Rezeki Kita Semua diMedan. Selanjutnya hasil uji determinasi diketahui nilaiR Adjust Square 21,2% artinya ada pengaruh kualitasproduk dan harga produk terhadap keputusan pembelian sebesar 0,212 atau 78,8%. Sedangkan sisanyadipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalampenelitian ini.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

emanis

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Other

Description

Journal Economic Management and Business adalah Jurnal Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang ditertbitkan dan dikelola oleh Universitas Dharmawangsa. Jurnal ini diharapakan dapat menjadi alat informasi dan sosialisasi mengenai hasil-hasil pengabdian dari seluruh civitas akademika ...