Jurnal Riset Manajemen, Bisnis, Akuntansi dan Ekonomi (JAMBAK)
Vol 3 No 1 (2024): Jurnal Riset Manajemen, Bisnis, Akuntansi dan Ekonomi (JAMBAK)

Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Masyarakat Pada Pelayanan Pemakaman Dinas Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman Kota Cirebon

Jajat Sudrajat (Unknown)
Eman Sulaiman (Unknown)
Suwandi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

This study aims to identify the factors that influence community satisfaction with funeral services from the Public Housing and Settlement Area Office of Cirebon City. The factors studied include service quality, service procedures, and facilities as mediating factors that influence the relationship between the main variables and community satisfaction. The research method used was a survey involving 74 respondents who had used funeral services. Data were analyzed using multiple regression techniques. The results of the research show that service quality, service procedures, and facilities individually and collectively have a significant effect on community satisfaction. The implication of this research is the need to improve service quality, optimize service procedures, and improve funeral facilities as an effort to increase community satisfaction with the services of the Public Housing and Residential Area Office of the City of Cirebon. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan masyarakat pada pelayanan pemakaman dari Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Cirebon. Faktor-faktor yang diteliti meliputi mutu layanan, prosedur layanan, dan fasilitas sebagai faktor mediasi yang mempengaruhi hubungan antara variabel utama dengan kepuasan masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan melibatkan masyarakat yang telah menggunakan layanan pemakaman sebanyak 74 responden. Data dianalisis menggunakan teknik regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mutu layanan, prosedur layanan, dan fasilitas secara individu maupun bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat. Implikasi penelitian ini adalah perlunya peningkatan mutu layanan, optimalisasi prosedur layanan, dan peningkatan fasilitas pemakaman sebagai upaya untuk meningkatkan kepuasan masyarakat pada pelayanan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Cirebon.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jambak

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Membahas tentang Ilmu Manajemen dengan berbagai konsentrasi di antaranya adalah Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Keuangan, Manajemen Kesehatan, Manajemen Rumah Sakit, Akuntansi, Marketing, kewirausahaan, Komunikasi Bisnis, dan semua yang berhubungan dengan Ekonomi Bisnis dan manajemen. ...