Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui apakah penggunaan Model Pembelajaran Generative Learning Pada unit kompetensi kepala silinder 4 langkah sepeda motor Kelas XI TBSM 2 dapat meningkatan hasil belajar dan kompetensi Siswa. 2) Untuk mengetahui apakah Model Pembelajaran Generative Learning berbasis animasi dan alat peraga / engine stand pada unit kompetensi kepala silinder 4 langkah sepeda motor Kelas XI TSBM 2 dapat membuat siswa lebih antusias. 3) untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan model pembelajaran Generative Learning dengan variasi penggunaan animasi dan alat peraga pada unit kompetensi kepala silinder 4 langkah sepeda motor. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), pada prosesnya menerapkan model pembelajaran Generative Learning. Penelitian tindakan kelas ini ada 4 tahapan yang dilakukan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Objek penelitian ini adalah siswa kelas XI TBSM 2 SMK Kosgoro 1 Sragen yang berjumlah 25 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan terhadap hasil belajar dan kompetensi siswa. Kondisi pra siklus diperoleh 40% siswa tuntas dari 25 siswa. Setelah tindakan siklus I diperoleh hasil prestasi belajar 60 % atau meningkat 20%. Sedangkan hasil kompetensi siswa pada siklus I diperoleh 64% siswa yang tuntas, untuk hasil penilaian sikap siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 59, 3. Pada hasil siklus II hasil prestasi belajar diperoleh 80% siswa tuntas, untuk hasil kompetensi diperoleh 84% siswa kompeten. Sedangkan untuk nilai rata-rata sikap pada siklus II diperoleh 84,3. Kata kunci : Generative learning, SKKNI, Kepala silinder.
Copyrights © 2023