Jurnal Seni dan Reka Rancang: Jurnal Ilmiah Magister Desain
Vol. 6 No. 1 (2023): Jurnal Seni dan Reka Rancang : Jurnal Ilmiah Magister Desain

ANALISIS IKLAN SEPATU COMPASS EDISI “IKLAN INI TIDAK LULUS SENSOR”

Widiya Lestari Harahap (Unknown)
Drajatno Widi Utomo (Unknown)
Acep Iwan Saidi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

AbstractAdvertising is the use of paid media by a seller to communicate persuasive information about the product (idea, goods, services) owned (M. SUYANTO, n.d.). The use of visual elements in the advertisement creates its own message in it. One of them is what the Compass shoe brand did in the “Iklan Ini Tidak Lulus Sensor” edition of the ad which uses visual elements that are a sign as a means of conveying the advertising message. The focus of the problem to be researched in the “Iklan Ini Tidak Lulus Sensor” edition of advertising are the visual elements that shape the message in the ad. This study aims to understand the meaning in the level of denotation and connotation and describe what message is displayed in the “Iklan Ini Tidak Lulus Sensor” edition of the ad. To analyze it used the analysis of Barthes semiotics. Through this research, it is hoped that it can enrich understanding in understanding the message contained in a painting. Keywords: Advertising, Compass, Barthes SemioticsAbstrakPeriklanan merupakan penggunaan media bayaran oleh seorang penjual untuk mengkomunikasikan informasi persuasive tentang produk (ide, barang, jasa) yang dimiliki (M.SUYANTO, n.d.). Penggunaan elemen-elemen visual yang ada pada iklan menciptakan pesan tersendiri didalamnya. Salah satunya yaitu yang dilakukan oleh brand sepatu Compass dalam iklan edisi “Iklan Ini Tidak Lulus Sensor” yang menggunakan elemen-elemen visual yang merupakan sebuah tanda sebagai sarana menyampaikan pesan iklan. Fokus masalah yang akan diteliti dalam iklan edisi “Iklan Ini Tidak Lulus Sensor” adalah elemen-elemen visual pembentuk pesan pada iklan. Penelitian ini bertujuan untuk memahami makna dalam tingkatan denotasi dan konotasi serta mendeskripsikan pesan apa yang ditampilkan pada iklan edisi “Iklan Ini Tidak Lulus Sensor”. Untuk menganalisisnya digunakan analisis semiotika Barthes. Melalui penelitian ini diharapkan dapat memperkaya pemahaman dalam memahami pesan yang terdapat pada suatu lukisan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jsrr

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Jurnal Seni dan Reka Rancang Jurnal Ilmiah Magister Desain Produk Universitas Trisakti terbit pertama terbit bulan Nopember 2018. Jurnal ini akan diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun yaitu bulan April dan Nopember oleh Pusat Studi Reka Rancang Visual dan Lingkungan Fakultas Seni Rupa dan Desain ...