Kegiatan pengabdian ini bertujuan meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru Bimbingan Konseling dalam menggunakan Alat Ungkap Masalah (AUM) sebagai instrumen analisis kebutuhan di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ukhuwah. Dalam konteks kegiatan, fokus diberikan pada Sekolah Dasar Islam Terpadu Ukhuwah sebagai unit analisis. Melibatkan seluruh guru bimbingan dan konseling, atau total 7 peserta di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ukhuwah, kegiatan pengabdian ini menggunakan metode ABCD (Asset, Building, Connecting, Development) yang mencakup identifikasi aset, peningkatan kapasitas, pembangunan jaringan, dan pembangunan berkelanjutan, dilaksanakan pada tanggal 13 Desember 2023. Teknik bimbingan interaktif dan Focus Group Discussion (FGD) digunakan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang AUM, sementara observasi praktek dilakukan untuk mensimulasikan penggunaan AUM secara efektif. Analisis statistik deskriptif dan uji t-statistik menunjukkan peningkatan rata-rata total pemahaman guru dari 35.86 menjadi 45.86 setelah kegiatan, dengan selisih post-pre yang signifikan secara statistik. Hasil pre-test menunjukkan pemahaman peserta yang memadai, namun setelah bimbingan teknis, terjadi peningkatan signifikan dalam pengetahuan, pengalaman, dan kesiapan peserta. Kontribusi kegiatan pengabdian ini terlihat pada perbedaan sebelum dan sesudah kegiatan, mendukung literatur dan praktik bimbingan konseling di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ukhuwah. Kesimpulan menunjukkan bahwa bimbingan teknis AUM efektif meningkatkan kualitas layanan bimbingan konseling dan penggunaan AUM sebagai alat yang lebih efektif di sekolah. Implikasi praktisnya mencakup peningkatan kualitas layanan bimbingan konseling di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ukhuwah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024