Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya tingkat stres akademik yang dialami oleh siswa. Stres akdemik terjadi akibat dari beberapa faktor yang mempengaruhi. Fokus penelitian pada stres akademik ini ada tiga hal yaitu, respon fisik, respon emosi, dan respon perilaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dan tingkat stres akademik beserta implikasinya dalam layanan bimbingan dan konseling. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA N 4 Padang sebanyak 319 orang, dan jumlah sampel sebanyak 177 orang dengan menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Instrumen menggunakan skala model Likert. Hasil uji validitas dan reliabilitas instrument stres akademik diadaptasi dari skala SSA (Skala Stres Akademik) dinyatakan valid dan reliabel. Data dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat stres akademik menurut pendapat atau penilaian peserta didik berada pada kategori tinggi. Artinya, banyak peserta didik yang mengalami stres akademik. Oleh karena itu, perlu adanya tindakan yang tepat untuk mengatasi stres akademik. Hasil penelitian ini dapat dijadikani acuan pada guru bimbingan konseling untuk memberikan layanan yang tepat dalam mereduksi stres akademik
Copyrights © 2024