Efisiensi belajar di sekolah adalah perihal penting dalam mewujudkan visi misi sekolah yang berhubungan dengan siswa dan mata pelajaran. Sekolah memiliki harapan bahwa pendidikan bias efisien dan efektif terhadap semua siswa dengan kemandirian belajar. Penelitian ini bertujuan mengetahui secara empiris peranan kemandirian belajar terhadap performansi akademik siswa kelas tinggi SD Negeri Anggaswangi 1. Subjek penelitian ini adalah siswa SD Negeri Anggaswangi 1 (N=103). Sampling jenuh digunkana dalam penelitian. Skala psikolopgi dalam metode kuantitatif. Data penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis regresi menggunakan JASP versi 0.17. Hasilnya menunjukkan bahwa hipotesis diterima yaitu kemandirian belajar berpengaruh signifikan terhadap performansi akademik. Hasil ini menunjukkan bahwa kemandirian belajar berpengaruh positif terhadap performansi akademik siswa kelas tinggi SD Negeri Anggawaswangi 1.
Copyrights © 2024