Buletin Ilmiah Ilmu Komputer dan Multimedia (BIIKMA)
Vol 2 No 1 (2024): Buletin Ilmiah Ilmu Komputer dan Multimedia (BIIKMA)

Implementasi Metode Natural Language Processing Dalam Studi Analisis Semantik Dan Emosi Buzzer Pada Tweet Di Aplikasi X

Nur Oktavia, Azzahra (Unknown)
Iqbal, Muhammad (Unknown)
Wahyu Saputra, Rikky (Unknown)
Ichsan Zulfikar, Muhammad (Unknown)
Saifudin, Aries (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2024

Abstract

Implementasi Metode Natural Language Processing (NLP) telah menjadi kunci dalam studi analisis semantik dan emosi terhadap tweet buzzer di aplikasi X. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pola-pola kata dan ekspresi emosi yang muncul dalam konteks diskusi politik dan sosial di media sosial.   Pada tahap pengantar, penelitian ini menjelaskan signifikansi penggunaan NLP dalam mengurai bahasa natural dari tweet buzzer, yang sering kali menjadi cerminan opini publik terhadap kebijakan politik dan tokoh-tokoh terkait. Metode yang digunakan meliputi pengumpulan data tweet selama periode tertentu, pengolahan teks untuk menghilangkan noise seperti emotikon dan simbol, serta penerapan teknik NLP seperti tokenisasi, stemming, dan analisis sentimen untuk mengidentifikasi pola-pola yang relevan.  Hasil pembahasan menunjukkan bahwa kata-kata semantik positif seperti "baik", "mendukung", dan "kompeten" sering muncul dalam tweet dengan sentimen positif, sementara kata-kata negatif seperti "kecewa", "tidak setuju", dan "kurang baik" dominan dalam tweet dengan sentimen negatif. Analisis emosi juga mengungkapkan variasi ekspresi emosi seperti kegembiraan, kekecewaan, dan kemarahan dalam respons terhadap isu-isu politik tertentu. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

biikma

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering

Description

1. Komputasi Lunak, 2. Sistem Cerdas Terdistribusi, Manajemen Basis Data, dan Pengambilan Informasi, 3. Komputasi evolusioner dan komputasi DNA/seluler/molekuler, 4. Deteksi kesalahan, 5. Sistem Energi Hijau dan Terbarukan, 6. Antarmuka Manusia, 7. Interaksi Manusia-Komputer, 8. Hibrida dan ...