Buletin Ilmiah Ilmu Komputer dan Multimedia (BIIKMA)
Vol 2 No 2 (2024): Buletin Ilmiah Ilmu Komputer dan Multimedia (BIIKMA)

TRANSFORMASI SISTEM CUSTOMER SERVICE MANUAL MENJADI CHATBOT MEMANFAATKAN KECERDASAN BUATAN NATURAL LANGUAGE PROCESSING DI PT.XYZ

Dhafa Akbar (Unknown)
Ifal Rizky Priadi (Unknown)
Wisnu Bayu Pamungkas (Unknown)
Wisnu Oetama (Unknown)
Aries Saifudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengubah sistem layanan pelanggan manual menjadi chatbot yang memanfaatkan kecerdasan buatan berbasis Natural Language Processing (NLP) di PT.XYZ. Chatbot diimplementasikan untuk meningkatkan efisiensi dan responsivitas dalam layanan pelanggan. Metodologi pengembangan chatbot mencakup analisis kebutuhan, pengumpulan data, pembangunan model NLP, dan integrasi dengan sistem eksisting. Evaluasi dilakukan untuk mengukur tingkat keberhasilan implementasi berdasarkan kecepatan tanggapan, akurasi, dan kepuasan pengguna. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan praktis bagi organisasi dalam mengadopsi teknologi chatbot untuk meningkatkan pengalaman pelanggan secara efektif. Salah satu penerapan kecerdasan buatan adalah chatbot, dan tren chatbot meningkat seiring dengan semakin mudah dan menguntungkannya penggunaan perangkat lunak. Sebagai bagian dari penelitian ini, kami mengembangkan chatbot yang membantu orang mendapatkan informasi yang mereka butuhkan dengan cepat. Bagaimana bahasa alami dapat digunakan untuk berinteraksi antara komputer dan manusia dengan menggunakan pemrosesan bahasa alami. Pengujian dengan teknik black box test menunjukkan bahwa chatbot mampu memberikan respon sesuai rencana, namun tidak ketika terjadi kesalahan penulisan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

biikma

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering

Description

1. Komputasi Lunak, 2. Sistem Cerdas Terdistribusi, Manajemen Basis Data, dan Pengambilan Informasi, 3. Komputasi evolusioner dan komputasi DNA/seluler/molekuler, 4. Deteksi kesalahan, 5. Sistem Energi Hijau dan Terbarukan, 6. Antarmuka Manusia, 7. Interaksi Manusia-Komputer, 8. Hibrida dan ...