Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi dengan penerapan e-book di SMA Negeri 3 Langsa, serta seberapa besar peningkatan tersebut. Dalam penelitian ini, digunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain One-Grup pre-test-post-test. XI IPA di SMA Negeri 3 Langsa Tahun Pelajaran 2022/2023 ialah populasi yang digunakan dalam peneltian ini, jumlahnya yaitu 276 siswa terdiri dari 7 kelas. Digunakan teknik pengumpulan sampel berupa acak atau random. Sampelnya adalah siswa kelas XI IPA 1 dengan jumlah 35 siswa. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan e-book mampu meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran biologi di SMA Negeri 3 Langsa. Terlihat dari nilai rata-rata pre-test sebesar 50,14, nilai rata-rata post-test sebesar 82,57, dan nilai N-gain sebesar 0,64 yang masuk dalam kriteria peningkatan sedang. Hasil uji hipotesis menggunakan paired sampel t-test menunjukkan nilai thitung sebesar 12.7331 dan ttabel sebesar 1.66757, yang menyatakan bahwa thitung > ttabel. Dengan demikian, Ha diterima dan Ho ditolak, menandakan bahwa penggunaan e-book dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran biologi di SMA Negeri 3 Langsa.
Copyrights © 2024