Gawai atau gadget sudah menjadi kebutuhan keseharian masyarakat di Indonesia termasuk remaja, hal yang sedang menjadi perhatian praktisi tumbuh kembang anak-remaja adalah fenomena agresif verbal remaja Indonesia dimedia sosial. Perilaku agresif di media sosial gadget adalah hasil dari proses belajar sosial remaja melalui pengamatan keseharian dan penentuan sikap/perilaku pada  media sosial yang dimiliki. Pemicu terjadinya perilaku agresif adalah ketika remaja dalam emosi marah. Perasaan marah berlanjut pada keinginan untuk melampiaskannya dalam bentuk perilaku agresif pada seseorang di aplikasi media sosial gadget. Penelitian sistematik review ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor berhubungan dengan agresif verbal remaja Indonesia di media sosial gadget. Penelitian ini dibuat secara sistematik review, data diperoleh secara oline dari  open journal system: google scholar, rentang waktu antara tahun 2017-2023, kata kunci  yang digunakan adalah agresif verbal, remaja, sosial media. Didapatkan 295 artikel selanjutnya dipilih 10 artikel penelitiansebagi sumber data untuk ditampilkan. Hasil penelitian menunjukkan adanya faktor-faktor yang melatarbelakangi perilaku agresif verbal remaja Indonesia di media sosial yaitu: Intensitas atau tingkat keseringan berinteraksi dengan media sosial; Fanatisme atau kecintaan terhadap suatu objek; Konsep diri  atau penilaian seseorang mengenai dirinya sendiri; Ketidaksukaan, Kebencian dan Iri; Faktor social; Faktor psikologis; Faktor lingkungan; Faktor keluarga; dan Faktor kognisi. Faktor-faktor yang berhubungan dengan agresif verbal remaja Indonesia dimedia sosial adalah 1) Intensitas atau tingkat keseringan berinteraksi dengan media sosial; 2) Fanatisme atau kecintaan terhadap suatu objek; 3) Konsep diri  atau penilaian seseorang mengenai dirinya sendiri; 4) Ketidaksukaan, Kebencian dan Iri; 5) Faktor social; 6) Faktor psikologis; 7) Faktor lingkungan;   8) Faktor keluarga; dan 9) Faktor kognisi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024