Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an
Vol. 11 No. 1 (2024): ELEMENTARY SCHOOL (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-an)

Analisis Kesulitan Menulis Cerita Berdasarkan Gambar Seri Pada Siswa Kelas III Di SDN 1 Barang Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek

Rahmayanti, Anggun (Unknown)
Mukhlishina, Innany (Unknown)
Wijayaningputri, Arinta Rezty (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jan 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan metode pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas tiga SDN 1 Barang, mendeskripsikan faktor internal yang mempengaruhi kesulitan menulis cerita berdasarkan gambar seri, mendeskripsikan faktor eksternal yang mempengaruhi kesulitan menulis cerita berdasarkan gambar seri pada siswa kelas tiga SDN 1 Barang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya adalah penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan faktor internal dari kesulitan menulis berdasarkan gambar seri di SDN 1 Barang yaitu kurangnya minat dan motivasi peserta didik serta tingkat kecerdasan peserta didik khususnya kurangnya kosakata Bahasa Indonesia yang dimiliki peserta didik dikarenakan Bahasa yang mereka gunakan untuk berkomunikasi adalah Bahasa jawa, sehingga hal tersebut yang membuat mereka kesulitan menulis cerita. Faktor eksternal yang mempengaruhi kesulitan menulis cerita berdasarkan gambar seri di SDN 1 Barang adalah guru belum memiliki metode dan media pembelajaran yang tepat serta tidak adanya dukungan dari lingkungan keluarga mereka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

es

Publisher

Subject

Education

Description

Elementary School : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran ke-SD-an published scientific paper of the research result and literature review in the scope of elementary education and learning. Elementary School : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran ke-SD-an publishes scientific writings from the literature ...