Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan metode pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas tiga SDN 1 Barang, mendeskripsikan faktor internal yang mempengaruhi kesulitan menulis cerita berdasarkan gambar seri, mendeskripsikan faktor eksternal yang mempengaruhi kesulitan menulis cerita berdasarkan gambar seri pada siswa kelas tiga SDN 1 Barang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya adalah penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan faktor internal dari kesulitan menulis berdasarkan gambar seri di SDN 1 Barang yaitu kurangnya minat dan motivasi peserta didik serta tingkat kecerdasan peserta didik khususnya kurangnya kosakata Bahasa Indonesia yang dimiliki peserta didik dikarenakan Bahasa yang mereka gunakan untuk berkomunikasi adalah Bahasa jawa, sehingga hal tersebut yang membuat mereka kesulitan menulis cerita. Faktor eksternal yang mempengaruhi kesulitan menulis cerita berdasarkan gambar seri di SDN 1 Barang adalah guru belum memiliki metode dan media pembelajaran yang tepat serta tidak adanya dukungan dari lingkungan keluarga mereka.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024