Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an
Vol. 11 No. 2 (2024): ELEMENTARY SCHOOL (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-an)

Evaluasi Pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan Model CIPP pada Sekolah Dasar di SD IT Bina Bangsa

Khomsariyani, Erina (Unknown)
Alfarisa, Fitri (Unknown)
Robiansyah, Firman (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Mar 2024

Abstract

Pembelajaran P5 adalah salah satu pembelajaran yang baru diimplementasikan bersama Kurikulum Merdeka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui evaluasi context, input, process, dan product dari pembelajaran (P5) dengan model CIPP pada sekolah dasar di SDIT Bina Bangsa. Penelitian ini memakai metode campuran (mix method) Sequential Exploratory Design dengan model evaluasi CIPP. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Instrumen yang dikembangkan berupa kisi-kisi, angket, serta analisis dokumen. Instrument yang telah dikembangkan divalidasi oleh 2 ahli yang terdiri dari ahli evaluasi pembelajaran. Berdasarkan penelitian menggunakan model evaluasi CIPP, mendapatkan hasil komponen context tergolong pada kategori sangat baik, komponen input sangat baik, komponen process sangat baik, dan komponen product sangat baik. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran P5 dengan model CIPP pada Sekolah Dasar di SDIT Bina Bangsa sudah berada pada kategori baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

es

Publisher

Subject

Education

Description

Elementary School : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran ke-SD-an published scientific paper of the research result and literature review in the scope of elementary education and learning. Elementary School : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran ke-SD-an publishes scientific writings from the literature ...