Penelitian bertujuan untuk menghasilkan gambaran kontribusi kepercayaan diri terhadap prestasi belajar siswa kelas VII di SMP Daarut Tauhiid Boarding School Bandung Tahun Ajaran 2020/2021. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode deskriptif dan desain penelitian Nonequivalent Control Group. Teknik sampling menggunakan sampel jenuh. Alat pengungkap data menggunakan angket berbentuk skala sikap dan statistik nonparametrik digunakan untuk menganalisis data. Hasil penelitian yaitu: (1) gambaran kepercayaan diri siswa; (2) gambaran prestasi belajar siswa; dan (3) kontribusi kepercayaan diri terhsadap prestasi belajar. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang dilakukan, diketahui bahwa kepercayaan diri siswa mempunyai kontribusi yang positif dan sigifikan terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini mengindikasikan bahwa prestasi belajar siswa dapat ditentukan oleh tinggi rendahnya kepercayaan diri siswa
Copyrights © 2023