Jurnal DIALEKTOLOGI
Vol 8 No 2 (2023): JURNAL DIALEKTOLOGI

PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 KAYUAGUNG

Yeyen Yusniar (Unknown)
Ade Rahmayani (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis query terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode semi empiris. Sampel survei terdiri dari dua strata, yaitu. kelas VIII.6 sebagai kelas tes dan kelas VIII.7 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menguji kemampuan menulis teks eksplanasi dengan memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaan. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan program SPSS dan dianalisis dengan uji-t. Berdasarkan hasil hipotesis pertama terlihat Thitung (3,480) lebih besar dari Ttabel (1,670) dengan besaran 62. Pada taraf signifikansi probabilitas lebih kecil dari 0,05. Selain itu, penggunaan tulisan tangan juga memberikan pengaruh positif bagi siswa dalam menulis surat persuasif. Hal ini terlihat jelas pada tingkat signifikansi 0,001 (kedua belah pihak). Artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran query berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kayuagung.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Dialektologi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

DIALEKTOLOGI diterbit oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung. Berkala diterbitkan dua kali setahun pada bulan April dan November. Akan tetapi, sejak tahun 2022 terbitan berkala direvisi menjadi Bulan April ...