Jurnal DIALEKTOLOGI
Vol 9 No 1 (2024): JURNAL DIALEKTOLOGI

PENGARUH MEDIA APLIKASI CANVA DALAM MENULIS TEKS PERSUASI PADA SISWA KELAS VIII

Iin Parlina (Unknown)
Nila Amelia (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh media aplikasi Canvadalam menulis teks persuasi pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tanjung Raja. Penelitianini termasuk penelitian eksperimen semu dengan menggunakan pendekatan kuantitafi.Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas VIII dengan menggunakan sampelsebanyak dua kelas, yaitu kelas VIII.6 dan kelas VIII.7. Teknik pengumpulan data yaituteknis tes menulis persuasi. Data diolah dengan menggunakan program SPSS 22. Hasilpenelitian menunjukkan perbedaan hasil tes menulis teks persuasi kelas eksperimen dan kelaskontrol. Nilai rata-rata tes awal menulis teks persuasi siswa kelas eksperimen 80,13 dan tesakhir 82,44. Nilai rata-rata tes awal kelas kontrol 65,65 dan tes akhir 73,85. Hasil analisisdata menunjukkan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen > dari kelas kontrol, yakni 82,44>73,85. Berdasarkan hipotesis pertama menunjukkan thitung (7,244) tinggi dari ttabel (1,675)dengan keabsahan 52 pada taraf signifikasi probability dibawah 0,05 atau 0,000<0,05. Inibearti H0 ditolak, dan Ha diterima. Ada perbedaan menulis teks persuasi siswa menggunakanmedia aplikasi Canva dengan siswa mengguanakan media pembelajaran visual.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Dialektologi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

DIALEKTOLOGI diterbit oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung. Berkala diterbitkan dua kali setahun pada bulan April dan November. Akan tetapi, sejak tahun 2022 terbitan berkala direvisi menjadi Bulan April ...