JURNAL ILMIAH MAHASISWA AGROINFO GALUH
Vol 11, No 2 (2024): Mei 2024

KOMPARASI PENDAPATAN USAHA TANAMAN HIAS DENGAN SISTEM PEMASARAN KONVENSIONAL DAN E-COMMERCE (Studi Kasus Pada Usaha Rumah Tangga Pak Slamet di Desa Pangkalan Kecamatan Langkaplancar Kabupaten Pangandaran)

Maesaroh, Ritoh (Unknown)
Isyanto, Agus Yuniawan (Unknown)
Novianty, Ane (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2024

Abstract

Perkembangan usaha tanaman hias saat ini sudah menjadi salah satu induk kemajuan ekonomi yang cukup penting diberbagai wilayah nusantara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya biaya, penerimaan dan pendapatan pada sistem pemasaran konvensional dan e-commerce pada usaha tanaman hias Pak Slamet serta komparasi pendapatan antara sistem pemasaran konvensional dan e-commerce pada usaha tanaman hias Pak Slamet. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif sedangkan untuk metode yang digunakan adalah studi kasus dan untuk penarikan sampel menggunakan  purposive sampling (judgement). Berdasarkan hasil penelitian, besarnya biaya  pada usaha tanaman hias Pak Slamet pada sistem pemasaran konvensional  adalah sebesar Rp 3.318.938/ bulan dan e-commerce sebesar Rp 4.651.217/ bulan. Sedangkan untuk penerimaan konvensional adalah sebesar Rp 8.599.500/ bulan dan penerimaan e-commerce sebesar Rp 12.023.000/bulan. Kemudian untuk pendapatan dari pemasaran konvensional adalah Rp 5.280.562/ bulan dan untuk pendapatan pemasaran e-commerce sebesar Rp 7.371.783/ bulan. Meskipun begitu dua sitem pemasaran ini sangat membantu dalam meningkatkan hasil penjualan pada usaha tanaman hias Pak Slamet.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

agroinfogaluh

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Jurnal Ilmiah Mahasiswa AGROINFO GALUH merupakan jurnal ilmiah berkala yang memuat hasil penelitian dari mahasiswa Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas ...