Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Saluran pemasaran tahu dari podusen sampai ke konsumen pada Perusahaan Tahu Surya Ganda di Kelurahan Ciherang Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya, (2) Besarnya marjin, biaya dan keuntungan pemasaran tahu dari podusen sampai ke konsumen pada Perusahaan Tahu Surya Ganda di Kelurahan Ciherang Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya, (3) Efisiensi pemasaran pada Perusahaan Tahu di Surya Ganda Kelurahan Ciherang Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Data yang diperoleh terdiri dari data primer dan sekunder. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak empat orang yang terdiri dari satu orang produsen, satu orang pedagang besar, dan dua orang pedagang pengecer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)  Terdapat dua saluran pemasaran. 2) Pada saluran 1 tidak ada marjin, keuntungan dan biaya pemasaran, karena konsumen datang langsung ke produsen. Sedangkan pada saluran 2 besarnya marjin total pemasaran sebesar Rp. 200,- per buah dengan biaya total pemasaran sebesar Rp. 6,77,- per buah sehingga  keuntungan total pemasaran sebesar Rp. 193,23,- per buah. 3) Efisiensi pemasaran pada Perusahaan Tahu di Surya Ganda di Kelurahan Ciherang Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya dikatakan sudah efisien dengan nilai sebesar 0 persen pada saluran, sedangkan dengan nilai sebesar 1,23 pada saluran 2.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024