ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis adanya pengaruh pengembangan dan kualitas produk terhadap pembelian pada usaha Ranau Baban. Metode penelitian menggunakan metode survei dan pengambilan data menggunakan purposive sampling dengan teknik snowball sampling. Jumlah responden yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 38 sampel. Penelitian ini menggunakan teknik skoring dan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS 23.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan Pada variabel pengembangan produk terhadap pembelian diperoleh nilai thitung > ttabel dan nilai signifikansi yang dihasilkan sebesar 0,002 yang lebih kecil dari 0,05 artinya variabel pengembangan produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap pembelian. Hasil uji t pada pengaruh kualitas produk terhadap pembelian diperoleh nilai thitung > ttabel dan nilai signifikansi yang dihasilkan sebesar 0,013 yang lebih kecil dari 0,05 artinya variabel kualitas produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap pembelian. Hasil uji F menunjukkan nilai Fhitung (70.558) > Ftabel (3,26) dan nilai signifikansi yang dihasilkan sebesar 0,000 dan nilai ini lebih kecil dari a (0,05) atinya bahwa variabel pengembangan produk dan kualitas produk secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Besarnya pengaruh dari pengembangan produk, kualitas produk dan juga kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian adalah 0,801 atau 80.1% yang artinya pengaruh ini berada pada kategori yang kuat.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024