Pelanggan merupakan aset paling utama dalam perusahaan, maka dari itu perusahaan harus mengetahui tingkat kepuasan pelanggan, yang nantinya pelanggan dapat terus menerus berlangganan dan tidak berpaling dari perusahaan lain. Hal itu dapat dicapai dengan mengimplementasikan Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) ke dalam perusahaan yang nantinya dapat membantu meningkatkan pelayanan dan mengetahui tingkat kepuasan pelanggan. Mie Ayam Djoedes Wadassari merupakan sebuah usaha rumah makan yang bergerak di bidang kuliner makanan mie super pedas dan berkualitas untuk pelanggan. Banyak hal yang membuat rumah makan ini menjadi kurang efisien, dikarenakan beberapa masalah seperti usaha rumah makan ini ingin menjalin hubungan antara rumah makan dengan pelanggan, akan tetapi rumah makan belum memiliki fitur feedback atau testimoni dan keluhan dari pelanggan, sehingga usaha rumah makan ini tidak mengetahui tingkat kepuasan pelanggan, belum adanya fitur tentang potongan harga kepada pelanggan, pencatatan data pelanggan maupun transaksi masih konvensional atau menggunakan pembukuan, hal tersebut dapat memungkinkan resiko hilangnya data transaksi dikarenakan tidak adanya sistem otomatis yang mengatur. Berdasarkan hal tersebut, maka diperlukan sebuah website yang mempunyai fitur Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pelanggannya. Metode yang digunakan yaitu pengumpulan data dengan observasi, wawancara, analisa dokumen dan studi pustaka, serta analisa dan perancangan sistem menggunakan Unified Modeling Language (UML). Hasil dari penelitian ini yaitu dengan adanya website tersebut, usaha rumah makan dapat lebih mudah dalam melihat tingkat kepuasan pelanggan mengenai produk dan memungkinkan mendapatkan pelanggan baru
Copyrights © 2024