Penelitian ini merespons tantangan persaingan yang ketat dalam mutu dan jumlah produksi UMKMdi Kemang, Bogor, terutama dalam menghadapi produk impor. Dengan fokus pada pengembanganUMK unggulan, penelitian ini mencermati penurunan jumlah usaha mikro yang berkembang menjadiusaha kecil, sebagian disebabkan kurangnya pemahaman teknologi pemasaran melalui media sosialoleh pelaku UMKM. Di tengah dorongan pemerintah untuk mengembangkan UMKM, teknologiecoprint dihadirkan sebagai solusi ramah lingkungan dan ekonomis. Melalui pelatihan,pengembangan desain produk, pengujian teknik ecoprint, dan produksi massal, pelaku UMKM diKemang dilibatkan dalam seluruh proses. Dengan membentuk usaha Ecoprint seperti "Nauli Ecoprint" dan mengembangkan strategi produk ramah lingkungan, diharapkan pelaku UMKM dapat tidakhanya mengaplikasikan teknik ecoprint secara efektif, tetapi juga menghasilkan produk unggulanyang mendukung keberlanjutan lingkungan dan meningkatkan ekonomi lokal
Copyrights © 2023