Pemasaran merupakan elemen penting menjalankan sebuah bisnis. Banyak pelaku bisnisyangmeluangkan waktunya untuk memikirkan metode pemasaran apa yang tepat agarbarang yang dijualnya laku di pasaran, karena sukses tidaknya bisnis bergantung padametode/ cara pemasaran apa dan bagaimana yang dilakukan oleh pelaku usaha khususnyapara pelaku UMKM. Masalah utama yangdihadapi IRT ialah kurangnya pengetahuan dalammemasarkan baik secara konvensional (offline) maupun secaraonline, khususnya ecommerce. Minimnya pengetahuan IRT (Ibu Rumah Tangga) mengenai digital marketingmenginspirasi tim pengabdian kepada masyarakat untuk menyampaikan sosialisasi danmemberikan pelatihan mengenai penggunaan teknologi informasi dan komunikasi ini. Jikapelaku ibu rumah tangga (IRT) paham akan pentingnya digital marketing bagi peluangbisnis usaha, diharapkan mereka akan termotivasi untuk menggunakan digital marketingsebagai sarana komunikasi dan peluang bisnis untuk usahanya, serta dapatmempraktikkannya secara langsung dengan memanfaatkan media sosial. Berdasarkanpermasalahan utama mitra yaitu kurangnya informasi manajemen pemasaran makasolusiyang ditawarkan kepada mitra ialah dengan memberikan materi terkait denganmarketing digital,pemasaran offline untuk dapat meningkatkan penghasilan. Dengan metodeyang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, dan simulasi. Adapun target yang ingindicapai dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah pelaksanaan pengenalandigital marketing dalam upaya meningkatkan penghasilan ibu rumah tangga (IRT) agarmenjadi keluarga sejahtera. Target luaran program ini adalah artikel ilmiahyangdipublikasikan melalui jurnal berISSN, dan peningkatan keberdayaan ibu rumah tangga(IRT) serta kemampuan dalam memanfaatkan peluang pemasaran melalui media online danoffline.Kata kunci : Pengenalan Digital Marketing, Pemasaran, Meningkatkan Penghasilan IbuRumah Tangga.
Copyrights © 2024