Gizi menjadi penting bagi anak sekolah karena selain dapat meningkatkan kecerdasan anak juga menungjang pertumbuhan secara fisik dan mental, guna mendukung keadaan tersebut anak sekolah memerlukan kondisi tubuh yang optimal dan bugar sehingga memerlukan status gizi yang baik.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Status gizi terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Pandrah Kabupaten Bireuen, penelitian ini telah dilakukan pada bulan maret. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini merupakan studi observasional analitik dengan melakukan pendekatan Cross Sectional Study. Tekhnik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Chi-square dengan program SPSS 20, untuk mengukur status gizi siswa peneliti menggunakan indeks BB/TB. Dari hasil perhitungan terlihat status gizi siswa kelas VI SD tergolong baik, dan prestasi belajar dengan kualitas baik berdasakan ketentuan minimal yang ditetapkan oleh pihak sekolah. Berdasarkan pengujian yang dilakukan dengan rumus Chi-squer diperoleh nilai probabilitas (p) lebih tinggi dari pada nilai α hal ini menunjukkan Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya terdapat hubungan antara status gizi terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Pandrah Kabupaten Bireuen. Kata kunci : Status, Gizi, Prestasi, Belajar
Copyrights © 2014