Sekolah merupakan sebuah unit sosial, karena di dalamnya terdiri dari beberapa orang yang menyatu bukan oleh faktor kebetulan tapi dengan sebuah kesengajaan, yakni mereka sengaja untuk menyatu walaupun melakukan tugas yang berbeda  satu sama lain dalam rangka mencapai tujuan yang bersama, sehingga sekolah merupakan salah satu lembaga pendidikan formal yang mendidik anak-anak  dan mengantarkan mereka menuju pada fase kedewasaan intelektual, agar mereka mandiri baik secara psikologis, biologis maupun sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah  menganalisis hubungan status gizi dan kesehatan hubungannya dengan prestasi belajar remaja yang dilakukan pada SMA Negeri 1 Bireuen.  Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa:  Berdasarkan uji korelasi Spearman antara status gizi  dan kesehatan dengan prestasi belajar memperlihatkan hubungan yang positif (rs = 0,143; p = 0,377).                                                            Kata kunci : Status gizi, Prestasi belajar
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2015