Jurnal Penelitian Tindakan Kelas
Vol. 2 No. 3 (2025): Jurnal Penelitian Tindakan Kelas (Januari)

Transformasi Pembelajaran Kreatif: Meningkatkan Kepedulian Lingkungan dan Literasi Anak TK Melalui Daur Ulang Puzzle

Budiarti, Erna (Unknown)
Wardana, Muhammad Rafli Faishal (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2025

Abstract

Dalam era modern ini, pengetahuan tentang kepedulian lingkungan sejak dini menjadi sangat krusial. Pendidikan anak usia dini (PAUD) memiliki peran penting dalam menanamkan nilai-nilai tersebut. Namun, metode pembelajaran yang kreatif dan efektif masih jarang diterapkan di Taman Kanak-Kanak (TK). Penelitian ini berfokus pada transformasi pembelajaran kreatif dengan tujuan meningkatkan kepedulian lingkungan dan disiplin anak-anak TK melalui aktivitas daur ulang puzzle. Subjek penelitian melibatkan 10 anak dari salah satu TK di Jakarta. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus, di mana setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi dan angket yang diberikan kepada guru dan anak-anak. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif, di mana hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan dalam kepedulian lingkungan dan disiplin kerja keras anak-anak. Pada siklus pertama, hanya 30% anak yang menunjukkan peningkatan dalam kedua aspek tersebut. Jumlah ini meningkat menjadi 60% pada siklus kedua, dan mencapai 90% pada siklus ketiga. Aktivitas daur ulang puzzle tidak hanya mengajarkan tentang pentingnya menjaga lingkungan, tetapi juga melatih anak-anak untuk disiplin dan bekerja keras dalam menyelesaikan tugas. Pembelajaran ini memberikan kontribusi nyata terhadap pendidikan dengan mengajarkan nilai-nilai penting sejak dini. Oleh karena itu, direkomendasikan bagi para pendidik untuk menerapkan metode ini dalam kurikulum PAUD mereka.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

JPTK (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas) adalah jurnal peer-review yang diterbitkan empat kali setahun pada bulan MEI, SEPTEMBER, JANUARI. Jurnal tersebut berisi jurnal penelitian tindakan kelas pada jenjang PAUD, SD, SMP, SMA Jurnal ini memiliki akses terbuka yang artinya semua konten tersedia ...