ALAYYA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Vol. 2 No. 2 (2022): (September 2022)

Implementasi Pembelajaran Berbasis Loose Parts dalam Meningkatkan Kreatifitas Anak Usia Dini

Utami, Tri (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan implementasi pembelajaran berbasis loose parts dalam meningkatkan kreativitas anak di KB Aisyiyah Al Hikmah Kretek Yogyakarta. Pembelajaran berbasis loose parts dipilih untuk meminimalisir penggunaan LKA (lembar kerja anak) dan lebih memberikan pembelajaran langsung atau dengan benda konkrit sesuai dengan prinsip pembelajaran untuk anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah diskriptif kualitatif dengan metode pengambilan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran loose parts yang dilakukan pendidik dengan melakukan invitasi (penataan lingkungan main) dengan memanfaatkan bahan-bahan di sekitar anak. Selanjutnya pendidik memberikan kata “provokasi” untuk memancing ide atau kreativitas anak dalam menciptakan karya dari bahan-bahan loose parts yang dipersiapkan pendidik. Selanjutnya guru melakukan evaluasi atau penilaian pembelajaran yang dilakukan pada akhir pembelajaran dalam bentuk ceklist, hasil karya, dan catatan andekdot. Kreativitas anak terasah dalam membuat karya sesuai imajinasi mereka dengan peran pendidik hanya sebagai fasilitator.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

alayya

Publisher

Subject

Religion Education Neuroscience Social Sciences Other

Description

ALAYYA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini the journal is published by Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Yasni Bungo Jambi Indonesia. Journal aims to provide a forum for consideration of issues and for the exchange of information and ideas on research and practice in the ...