Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan implementasi pembelajaran berbasis loose parts dalam meningkatkan kreativitas anak di KB Aisyiyah Al Hikmah Kretek Yogyakarta. Pembelajaran berbasis loose parts dipilih untuk meminimalisir penggunaan LKA (lembar kerja anak) dan lebih memberikan pembelajaran langsung atau dengan benda konkrit sesuai dengan prinsip pembelajaran untuk anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah diskriptif kualitatif dengan metode pengambilan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran loose parts yang dilakukan pendidik dengan melakukan invitasi (penataan lingkungan main) dengan memanfaatkan bahan-bahan di sekitar anak. Selanjutnya pendidik memberikan kata “provokasi” untuk memancing ide atau kreativitas anak dalam menciptakan karya dari bahan-bahan loose parts yang dipersiapkan pendidik. Selanjutnya guru melakukan evaluasi atau penilaian pembelajaran yang dilakukan pada akhir pembelajaran dalam bentuk ceklist, hasil karya, dan catatan andekdot. Kreativitas anak terasah dalam membuat karya sesuai imajinasi mereka dengan peran pendidik hanya sebagai fasilitator.
Copyrights © 2022