DIDAKTIKA BIOLOGI: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi
Vol 7, No 2 (2023): DIDAKTIKA BIOLOGI

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Tamara, Fadhila (Unknown)
Yusnita, Yusnita (Unknown)
Ermayanti, Ermayanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik melalui penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Biologi materi Ekosistem dan Perubahan Lingkungan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dibagi menjadi dua siklus dan di awali dengan prasiklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X IPA 3, SMA Srijaya Negara Palembang yang berjumlah 35 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan pedoman observasi dan tes hasil belajar. Data dianalisis secara deskriptif. Kriteria keberhasilan tindakan yaitu apabila 75% peserta didik aktif dan 80% peserta didik mencapai KKTP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar peserta didik mengalami peningkatan pada setiap siklusnya, yaitu: 73,65% (pra-siklus), 81,65% (siklus I), dan 86,57% (siklus II). Sementara ketuntasan hasil belajar peserta didik juga mengalami peningkatan, yaitu: 69,71% (pra-siklus), 76,28% (siklus I), 84,85% (siklus II). Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi peserta didik kelas X IPA 3 di SMA Srijaya Negara Palembang Tahun Pelajaran 2022/2023.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

dikbio

Publisher

Subject

Education

Description

Didaktika Biologi (Biology Didactics, in english) is a journal that contains scientific articles of research results in the field of biological education. Didaktika Biologi is for teachers, lecturers, students, researchers, and practitioners who concentrate and contribute in the field of biological ...