Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia
Vol. 3 No. 2 (2024): September

PERAN QUALITY DALAM MENJAGA KUALITAS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PT. PIRANTI TEKNIK INDONESIA DALAM PERSPEKTIF ISLAM

Fauziyyah, Nurul (Unknown)
Nurjanah, Rike (Unknown)
Nurmausah, Tiwan (Unknown)
Suhairi, Dadang (Unknown)
Jaelani, Juhri (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2024

Abstract

PT. Piranti Teknik Indonesia merupakan sebuah perusahaan manufaktur yang bergerak dibidang Wire Harness sepeda motor yang berkomitmen untuk memberikan kinerja bisnis yang berkualitas bagi para pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran quality untuk menjaga kualitas terhadap kepuasan pelanggan dalam perspektif islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT. Piranti Teknik Indonesia sangat memperhatikan kualitas produk dalam proses produksi demi memastikan kepuasan pelanggan. PT. Piranti Teknik Indonesia menggunakan metode quality inspection untuk menjaga kualitas dan standar produk. Kepuasan pelanggan tergantung pada sejauh mana produk memenuhi harapan Perusahaan. Dalam konteks ekonomi islam, kepuasan pelanggan juga terkait dengan konsep qana’ah, yang mencerminkan kepuasan secara lahiriah dan batiniah. Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan termasuk kualitas produk, harga, situasi, dan faktor personal. Dengan memperhatikan faktor-faktor ini, PT. Piranti Teknik Indonesia dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan membangun kepercayaan pelanggan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JESI

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia (JESI), published by Study Program of Sharia Economics STEI Al-Amar Subang, West Java, Indonesia. The subject covers textual and fieldwork studies with various perspectives of Islamic economics, Islamic public finance, Islamic finance, Islamic accounting, Islamic ...