Penelitian ini merupakan penelitian deskripif kuantitatif yang bertujuan untuk menganalisis kesadaran siswa pada penerapan model probem based learning pada topik pemanasan global. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket online yakni google form. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 9 Malang sebanyak 44 responden dipilih dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan respon positif siswa terhadap kesadaran keberlanjutan bahwa secara keseluruhan didapatkan persentase 78,37% sehingga masuk ke dalam kategori “baik.” Pada unit 3,9,10,13,14 mewakili aspek Sustainability practices awareness sebesar 67,54% diperoleh status “cukup”. Pada unit 1,6,7,8,11,12 mewakili aspek behavioral and attitude awareness sebesar 76,6% diperoleh status “baik”. Pada unit 2,4,5,15 mewakili aspek emotional awareness sebesar 94,45% diperoleh status “sangat baik”. Kendala yang dihadapi siswa adalah kurangkan rasa gotong royong serta arus perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sulit untuk dikendalikan, sehingga dibutuhkan inovasi pada aktivitas proses belajar dan kolaborasi dengan pihak eksternal sekolah untuk mendukung dan mempertahankan serta mengoptimalkan kesadaran keberlanjutan terhadap lingkungan yang konsisten
Copyrights © 2023