CERMIN: Jurnal Penelitian
Vol 8 No 1 (2024): JANUARI - JULI

Pengaruh Kemandirian Belajar dan Sikap Ilmiah Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Panca Marga

Supraptiningsih, Linda Kurnia (Unknown)
Arista, Hermin (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2024

Abstract

Tujuan dari studi ini adalah untuk mengevaluasi dampak kemandirian belajar dan sikap ilmiah terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif sebab-akibat. Sampel yang digunakan terdiri dari 47 mahasiswa semester tiga dan lima dari Program Studi Teknik Elektro di Fakultas Teknik dan Informatika Universitas Panca Marga. Variabel yang dipertimbangkan mencakup kemandirian belajar (X1) dan sikap ilmiah (X2) sebagai variabel bebas, serta kemampuan berpikir kreatif (Y) sebagai variabel terikat. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier berganda melalui perangkat lunak SPSS Statistics 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemandirian belajar memiliki dampak positif yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa Program Studi Teknik Elektro di Fakultas Teknik dan Informatika Universitas Panca Marga, (2) sikap ilmiah juga memiliki dampak positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa pada program yang sama, dan (3) kemandirian belajar dan sikap ilmiah secara bersama-sama memberikan dampak signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa. Dalam totalnya, dampak dari kemandirian belajar dan sikap ilmiah terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa mencapai 37,2%, sedangkan variabel lainnya memberikan dampak sebesar 62,8%. Temuan ini menunjukkan bahwa kemandirian belajar dan sikap ilmiah memiliki peran dalam memengaruhi kemampuan berpikir kreatif mahasiswa, meskipun dampaknya relatif kecil.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cermin_unars

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Fokus dalam Jurnal Cermin mencakup studi secara umum dari berbagai bidang ilmu. Ruang Lingkup artikel pada Jurnal Cermin terkait Ekonomi, Sosial dan Politik, Sastra, Bahasa, Pendidikan, Pertanian, Hukum, dan Teknik. Penulis diijinkan dari segala kalangan mahasiswa, dosen, pendidik, dan peneliti ...