Eksponen
Vol. 14 No. 2 (2024): Eksponen: Volume 14 Nomor 2 September 2024

Faktor Yang Mempengaruhi Pembelajaran Berbasis Proyek P5 (P Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa

Faradilla, Bherlyana (Unknown)
Prameswari, Noviardani Kartika (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran berbasis proyek P5 (Proyek Penguatan Profil Siswa Pancasila) materi gaya hidup berkelanjutan dalam meningkatkan kreativitas siswa Kelas I SDI AL-MUAWANAH. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Dari hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa terdapat faktor yang mempengaruhi kreativitas siswa melalui pembelajaran berbasis proyek. Ada beberapa faktor sebagai berikut; a) Adanya siswa yang kurang berpartisipasi dalam kegiatan, b) Karakter siswa berbeda-beda sehingga kurang mendapat perhatian atau pengamatan, dan c) pelaksanaan kegiatan P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ) memakan waktu lama. Namun dapat dibuktikan dari hasil penelitian mengungkapkan adanya peningkatan kreativitas pada siswa SDI Al-Muawanah Surabaya yang telah melaksanakan pembelajaran P5 “Proyek Penguatan Profil Siswa Pancasila” melalui kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan melalui penerapan project based learning. Hal ini berdampak pada kreativitas siswa kelas I, dibuktikan dengan hasil penelitian yang dilakukan. Hasil analisis menunjukkan bahwa dengan proyek P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila), siswa kelas 1 dapat meningkatkan kreativitasnya dengan mendaur ulang sampah plastik. Hasil daur ulang antara lain vas bunga, tempat celengan, dan bunga yang terbuat dari tutup botol.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

eksponen

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Eksponen (E-ISSN:2657-1552 and E-ISSN: 2085-966X) has been published since 2009 by the Department of Mathematics Education in collaboration with LPPM, Muhammadiyah University, Kotabumi. The journal has regularly published two times a year in April and September. This journal publishes original ...