Manusia selain sebagai makhluk individu disebut juga sebagai makhluk sosial, salah satu indikasi bahwa manusia sebagai makhluk sosial adalah berkomunikasi antar individu. Berkomunikasi dengan individu disebut komunikasi interpersonal. Terkait dengan komunikasi interpersonal yang dilakukan remaja saat ini adalah komunikasi melalui media sosial. Media sosial ini telah merubah cara berkomunikasi masyarakat, sehingga menjadi masalah baru dalam masalah komunikasi interpersonal di kalangan remaja. Salah satu faktor yang mempengaruhi komunikasi interpersonal yaitu konsep diri, karena setiap orang bertingkah laku sedapat mungkin sesuai dengan konsep dirinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan komunikasi interpersonal pada remaja pengguna media sosial. Subjek dalam penelitian ini adalah dua ratus delapan puluh tujuh remaja siswa SMAN satu Bangkinang Kota yang ditentukan dengan teknik proportionate stratified random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan uji korelasi Product Moment. Pengumpulan data penelitian menggunakan skala konsep diri Burns tahun seribu sembilan ratus sembilan puluh tiga dan skala komunikasi interpersonal Devito tahun dua ribu sebelas. Berdasarkan uji korelasi Pearson’s Product Moment menunjukkan bahwa ada hubungan antara konsep diri dengan komunikasi interpersonal pada remaja pengguna media sosial, maka hipotesis diterima. Kontribusi variabel konsep diri terhadap komunikasi interpersonal sebesar empat puluh dua persen sedangkan sisanya lima puluh delapan persen dipengaruhi oleh faktor lain.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023