Sastra menyimpan berbagai makna secara tersirat yang perlu diinterpretasi dan dieksplorasi pembaca agar makna tersebut dapat terungkap. Terungkapnya makna karya dapat bermanfaat terhadap berbagai pihak. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan menemukan makna gambaran dinamika  pendidikan sosial politik dan pendidikan karakter dalam novel Pulang karya Leila Salikha Chudori dengan memanfaatkan teori sosiologi sastra. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik studi dokumen dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis interaktif, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa novel Pulang memberikan gambaran  dinamika pendidikan  sosial politik dan  pendidikan karakter yang lengkap yang dapat dijadikan teladan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, terutama mengenai pendidikan karakter. Pendidikan ini dapat diimplikasikan secara praktis ke dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA dengan memperhatikan SK atau KD yang digunakan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024