Journal of Education Research
Vol. 5 No. 1 (2024)

Improving Numeracy Skills through Snake and Ladder Games in Grade IV Students of SD Negeri Rantewringin

Widiastuti, Kiki Karnila (Unknown)
Irfan, Muhammad (Unknown)
Haryati, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran menggunakan permainan ular tangga dan mengetahui hasil pelaksanaan pembelajaran pada keterampilan berhitung pada siswa kelas IV SD Negeri Rantewringin. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan di SD Negeri Rantewringin dengan jumlah siswa sebanyak seratus tiga puluh delapan orang, sedangkan sampel yang digunakan adalah kelas IV yang berjumlah delapan belas anak.  Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, lembar observasi, dan hasil penilaian formatif. Analisis data dilakukan dengan reduksi data dan FGD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan permainan ular tangga atau ular tangga yang dilakukan sesuai skenario pembelajaran akan berdampak sangat baik terhadap kemampuan berhitung siswa. Dampak baik ini dapat dilihat dari data pra siklus atau kondisi awal nilai kemampuan berhitung rata-rata enam puluh enam dan ketuntasan belajar tiga puluh delapan persen, pada siklus I hasil belajar rata-rata meningkat menjadi delapan puluh tiga dan ketuntasan meningkat drastis menjadi delapan puluh tiga persen, dan pada akhir siklus II rata-rata pembelajaran menjadi sembilan puluh persen dan ketuntasan belajar maksimal seratus persen. Berdasarkan data tersebut disimpulkan bahwa pembelajaran dengan permainan ular tangga terlaksana dengan baik dan berdampak sangat baik terhadap kemampuan berhitung siswa kelas IV SD Negeri Rantewringin. Penelitian ini hanya membahas tentang pelaksanaan pembelajaran dan dampaknya terhadap aspek kognitif, diharapkan penelitian kedepannya dapat memperluas pengamatan dampak pembelajaran

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...