Journal of Education Research
Vol. 5 No. 2 (2024)

Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning di Sekolah Dasar

Arrahmah, Jestiwi (Unknown)
Kusuma, Yanti Yandri (Unknown)
Fadhilaturrahmi, Fadhilaturrahmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2024

Abstract

 Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran IPS dikelas V SDN seratus sembilan puluh dua Pekanbaru. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan peningkatan kemandirian belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning pada siswa kelas V SDN seratus sembilan puluh dua Pekanbaru. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi, dan waktu penelitian dilaksanakan sampai bulan Agustus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN seratus sembilan puluh dua Pekanbaru berjumlah lima belas orang yang terdiri dari delapan siswa laki-laki dan tujuh siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran Discovery Learning harus terus dilakukan untuk meningkatan kemandirian belajar siswa sekolah dasar. Guru perlu pendampingan berkelanjutan agar dapat menerapkan model pembelajaran Discovery Learning sesuai langkah-langkah yang disarankan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...