Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran mahasiswa dengan memanfaatkan Microsoft excel dalam melakukan analisis kualitas butir soal, adapun yang menjadi dasar permasalahan dalam penelitian yang dilakukan adalah mahasiswa kesulitan melakukan analisis butir soal jika dilakukan secara manual, akibat dari kesulitan tersebut adalah terganggunya aktivitas belajar sehingga perlu dicarikan solusi untuk mengatasi persoalan tersebut. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari perencanaan, planning, acting, observing, dan reflecting. sampel penelitian ini adalah empat puluh tiga mahasiswa prodi pendidikan Sejarah yang mengambil matakuliah evaluasi proses dan hasil belajar Sejarah. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam aktivitas belajar mahasiswa yang diukur kedalam empat indicator yaitu visual activities, oral activities, listening activities, dan motor activities. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemanfaatkan Microsoft excel dalam melakukan analisis butir soal memudahkan mahasiswa dalam melakukan uji kualitas soal, tetapi juga mampu meningkatkan aktivitas pembelajaran mahasiswa pada matakuliah evaluasi proses dan hasil belajar sejarah.
Copyrights © 2024