Journal of Education Research
Vol. 5 No. 2 (2024)

Pengaruh Pengelolaan Kelas dan Iklim Kelas terhadap Hasil Belajar Siswa

Hidayah, Nur Rahmawati (Unknown)
Mustaji, Mustaji (Unknown)
Roesminingsih, Erny (Unknown)
Setyowati, Sri (Unknown)
Hariyati, Nunuk (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2024

Abstract

Sekolah merupakan lembaga atau organisasi pendidikan formal tempat mengelola proses belajar untuk meningkatkan kemampuan siswa mendapatkan hasil belajar yang optimal. Suasana atau iklim kelas yang kondusif akan mampu menciptakan proses pembelajaran yang ideal yang pada akhirnya dapat mendukung terciptanya kualitas proses pembelajaran yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pengelolaan kelas dan iklim kelas terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian asosiatif. Sampel dalam penelitian ini adalah dua ratus sembilan puluh sembilan responden. Penelitian dilaksanakan SMP Negeri di Kecamatan Barat. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kelas akan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar, sedangkan pada variable iklim kelas menunjukkan bahwa iklim kelas akan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...