Strategi Pembinaan Akhlak dan Implikasinya terhadap Pemahaman dan Sikap serta praktik keagamaan siswa di Madrasah Aliyah Hidayatussibyan NW Sengkerang Kabupaten Lombok Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Bagaimana Strategi Pembinaan Akhlak siswa di MA Hidayatussibyan NW Sengkerang Kabupaten Lombok Tengah, Bagaimana Pemahaman siswa terhadap Materi Akhlak di MA Hidayatussibyan NW Sengkerang Kabupaten Lombok Tengah, Bagimana sikap dan Praktik keagamaan siswa di MA Hidayatussibyan NW Sengkerang Kabupaten Lombok Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data-data tersebut diolah dengan analisis kualitatif interpretative dimulai dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan beberapa strategi guru dalam pembinaan akhlak siswa di MA Hidayatussibyan NW Sengkerang Kabupaten Lombok Tengah. Diantaranya dengan: menjalin kerjasama dengan aparat sekolah, menjalin kerja sama dengan orang tua murid, memilih dan menentukan model strategi pembelajaran yang inovatif, melalui pendekatan pembiasaan, melalui pendekatan emosional dan personal, melalui pendekatan ketauladanan. Selain peneliti menemukan beberapa strategi guru dalam pembinaan akhlak siswa di MA Hidayatussibyan NW Sengkerang Kabupaten Lombok Tengah seperti yang telah dijelaskan diatas, peneliti juga menemukan berbagai kegiatan dalam rangka pembinaan akhlak siswa antara lain: budaya senyum, sapa, salam, membaca doa, asmaul husna dan salatunnahdlatain di pagi hari, pembinaan saat upacara bendera, budaya sholat dzuhur dan sholat duha berjamaah, budaya pundi amal atau shodaqoh.
Copyrights © 2024