Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis teks prosedur kompleks kelas X IPA satu dan X IPA tiga SMA Negeri satu Air Joman, Kecamatan Air Joman, Kabupaten Asahan. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen kuantitatif dengan desain penelitian two group post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari enam kelas dengan jumlah dua ratus lima belas siswa. Sampel dalam penelitian ini dua kelas yang diambil secara simple random sampling. Kelas X IPA tiga sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional dan kelas X IPA satu sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajarn TPACK, masing-masing kelas sampel berjumlah tiga puluh enam siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes unjuk kerja mengenai menulis teks prosedur kompleks. Berdasarkan hasil nilai kemampuan siswa membuktikan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran TPACK terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks prosedur kompleks siswa kelas X SMA Negeri satu Air. Maka H nol ditolak dan Ha diterima.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024