Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik token economy dalam menurunkan kecanduan game online siswa kelas VIII A SMP Kesatrian 2 Semarang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian true eksperimental design, dengan jenis metode penelitiannya pretest-posttest kontrol group design (desain kelompok kontrol pretest-posttest). Dalam penelitian ini teknik analisis data menggunakan Uji Independent Sample T-test. Teknik dalam pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kecanduan game online siswa kelas VIII A SMP Kesatrian 2 Semarang berada dikategori rendah dengan perolehan hasil perhitungan analisis deksriptif persantase sebesar 57%. Perhitungan rata-rata pretest kelompok eksperimen 91.63, kelompok kontrol 65.63. Setelah diberi perlakuan hasil posttest nilai rata-rata kelompok eksperimen 60.00, kelompok kontrol 51.63. Berdasarkan hasil Uji Independent Sample T-test nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 menunjukan adanya perbedaan yang signifikan. Maka (Ho) ditolak, dan Hipotesis kerja (Ha) diterima.
Copyrights © 2024