Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui intensitas penggunaan media sosial dan intensitas interaksi sosial siswa, serta mengetahui pengaruh media sosial terhadap interaksi sosial siswa dalam kehidupan sehari-hari di lingkungannya, baik di lingkungan keluarga, lingkungan teman, maupun lingkungan masyarakat sekitar. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan dua variabel yaitu media sosial dan interaksi sosial siswa. Sampel penelitian adalah 72 siswa SMP N 2 Trucuk yang dipilih secara acak . Instrumen kuesioner divalidasi dengan uji validitas konstruk serta analisis kuantitatif dilakukan dengan analisis korelasi dua variabel. Berdasarkan hasil analisis deskriptif yang telah dilakukan diperoleh hasil intensitas penggunaan media sosial dan intensitas interaksi sosial berada pada tingkat sedang. Hasil uji statistik yang sudah dilakukan menggunakan teknik Produce Momen diperoleh r hitung = 0.588 > r tabel = 0.235. yang menunjukkan adanya hubungan yang signifikan media sosial terhadap interaksi sosial siswa di SMP Negeri 2 Trucuk Klaten. Serta berdasarkan Uji Regresi dengan hasil t hitung = 37.049 > t tabel =1.667, maka terdapat pengaruh positif yang signifikan antara media sosial terhadap interaksi sosial siswa di SMP Negeri 2 Trucuk Klaten. Dengan sumbangan variabel media sosial terhadap interaksi sosial siswa sebesar 34,6%
Copyrights © 2024