Rendahnya keterampilan literasi sains siswa, diakibatkan beberapa faktor salah satunya kurangnya inovasi dalam menerapkan media pemebelajaran. Pembelajaran yang baik memerlukan kemajuan, khususnya pengembangan cara pendidik mendidik atau kemajuan dalam aset pembelajaran. Salah satunya dengan menghadirkan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif, karena saat ini siswa dan pendidik diharapkan mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan apakah penggunaan media poster digital berpengaruh terhadap keterampilan literasi sains siswa. Penelitian ini menggunakan 24 siswa kelas IV sebagai sampel. Metode yang digunakan yaitu metode eksperimen. Penelitian ini menggunakan instrumen tes pilihan ganda yang telah divalidasi. Hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukan bahwa indikator mengidentifikasi isu-isu masalah ilmiah siswa tergolong dalam kriteria sangat tinggi, indikator menjelaskan fenomena ilmiah siswa tergolong dalam kriteria rendah dan indikator menggunakan bukti ilmiah siswa tergolong dalam kriteria sangat rendah. Hipotesis alternatif bahwa media poster digital berpengaruh terhadap kemampuan literasi sains siswa. Penelitian ini berkontribusi untuk memahami pengaruh media poster digital terhadap keterampilan literasi sains siswa, yang pada akhirnya berdampak pada kualitas pembelajaran di era empat titik nol yang serba digital
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024