Journal of Education Research
Vol. 5 No. 3 (2024)

Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Kegiatan KKG terhadap Profesionalisme Guru Sekolah Dasar

Susanto, Susanto (Unknown)
Hartinah, Sitti (Unknown)
Sudibyo, Hanung (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2024

Abstract

Meningkatkan profesionalisme guru, kita dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan mempersiapkan generasi muda untuk masa depan yang lebih cerah. Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis pengaruh (1) supervisi kepala sekolah terhadap profesionalisme guru, (2) kegiatan KKG terhadap Profesionalisme guru (3)  supervisi Kepala sekolah dan kegiatan KKG terhadap profesionalisme guru sekolah dasar di Kecamatan Jatinegara Kabupaten Tegal. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dimana penelitian berfokus pada data numerik yang dapat diukur dan dianalisis secara statistik. Penelitian kuantitatif adalah metode penelitian yang menggunakan data numerik untuk menjawab pertanyaan penelitian. Data ini dikumpulkan melalui survei. Metode survei adalah metode penelitian kuantitatif yang digunakan untuk mengumpulkan data dari sampel populasi yang besar. Data ini dikumpulkan melalui kuesioner, baik secara langsung, maupun online. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah dilakukan, dapat ditarik kesimpulan bahwa (1) Supervisi kepala sekolah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap profesionalisme guru. Hasil survei menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan variabel independen X1 dengan variabel dependen karena nilai p-value uji t untuk X1 sebesar 0,00 lebih kecil dari 0,05 yang berarti bahwa supervisi akademik kepala sekolah diterima dengan baik oleh mayoritas guru. Hal ini menunjukkan bahwa supervisi akademik memiliki potensi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran siswa, (2) Kegiatan KKG memberikan pengaruh yang positif terhadap profesionalisme guru. Hasil survei menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara variabel independen X2 dengan variabel dependen karena nilai p-value uji t untuk X2 sebesar 0,00 lebih kecil dari 0,05. (3) Supervisi kepala sekolah dan kegiatan KKG merupakan dua elemen penting dalam meningkatkan profesionalisme guru. Hasil survei menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara variabel independen secara bersama-sama dengan variabel dependen karena nilai p-value uji F (Sig. F Change) sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...