Didaktika: Jurnal Pemikiran Pendidikan
Vol 29 No 2 (2023): Volume 29 Nomor 2 September 2023

Analisis Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Model Guided Discovery Learning Pada Materi Limit Fungsi Trigonometri

Triyono, Mokhamad (Unknown)
Fauziyah, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Salah satu masalah yang sering dijumpai pada saat pembelajaran di kelas adalah minimnya siswa yang turut aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Tidak jarang Kita sering menemukan fakta bahwa di banyak sekolah masih sering ditemukan guru-guru yang menerapkan teacher center learning dan bukan menerapkan student center learning, dimana guru menjadi pusat pembelajaran sedangkan peserta didik cenderung kurang berperan aktif sebagai pendengar. Demikian pula masalah yang ditemukan oleh peneliti di SMA Negeri Ngoro, juga berkaitan dengan kurangnya keaktifan siswa pada saat kegiatan pembelajaran. Sehingga dalam penelitian ini digunakan metode pembelajaran kooperatif model Guided Discovery Learning sebagai solusi pemecahan untuk merespon masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keaktifan belajar siswa kelas XI MIPA-3 sebelum dan setelah upaya menerapkan metode pembelajaran kooperatif model Guided Discovery Learning pada materi limit fungsi trigonometri. Tujuan lainnya adalah untuk menunjukkan ada atau tidaknya peningkatan keaktifan siswa setelah perlakuan metode pembelajaran kooperatif model Guided Discovery Learning. Pemberian perlakuan yang dilakukan oleh peneliti memberikan dampak positif, terbukti dengan hasil penelitian yang mana hasilnya menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa melalui penggunaan metode pembelajaran kooperatif model guided discovery learning pada materi limit fungsi trigonometri.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

didaktika

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

didaktika Jurnal Pemikiran Pendidikan memuat hasil penelitian dibidang pendidikan, baik pendidikan matematika, pendidikan bahasa inggris maupun pendidikan ...